Minggu, 06 Oktober 2013

Review : Gillette Series Facial Moisturizer with Aloe Vera

Salam para bloggers hehe..
Lama ya gak posting... yah karena kesibukan yang sangat menyita waktu sehingga saya belum bisa posting sesuatu di blog ini...
Tapi kali ini saya bakalan coba kembali dengan memposting sesuatu yang baru.. hehe..
Yup... gak perlu berlama-lama lagi, kali ini postingan saya bermulai dari Review salah satu produk Mens Care yang udah cukup terkenal...
"GILLETTE" yup itu nama produknya...
Gillette udah gak asing lagi dong di telinga kita khususnya para Pria.. haha ya karena Brands ini terkenal dengan Produk Pisau Cukurnya atau Shaving Matenya.., haha...
Nahh untuk kali ini saya gak bakal review tentang pisau cukurnya, tapi Salah satu produk Face Moisturizernya...
Yup... belakangan ini banyak Brands-brands luar negeri yg udh terkenal seantero dunia lagi gencar2nya ngeluarin produk mens carenya... gak tanggung2... Brands kayak Olay, Garnier, Vaseline, Bahkan Ponds yang tadinya Basenya hanya khusus untuk para wanita2... berani mengeluarkan produk khusus Pria..
Hal ini dikarenakan dengan meningkatnya permintaan pasar  ditahun 2012 akan produk2 mens care seperti face wash, liquid soap, shampoo, sampai pelembab...
Gillette yang tidak lain adalah brands yang memiliki base dasar untuk kaum Adam, gak mau ketinggalan mengeluarkan produknya... selain dari alat2 cukur dan shaving foamnya kini Gillette hadir dengan Brands "Gillette Series"nya... dimana produk2nya lebih mengkhususkan ke Face wash, after shaving gel, sampai Pelembab atau Facial Moisturizer! Dan bagusnya Gillette membuat produknya dengan berbagai varian untuk jenis2 kulit tertentu... B-)
Nahh kali ini yang akan saya "Operasi" adalah Facial Moisturizernya... hahaha
Berikut penampakan produknya : 


Saya beli yang 15ml aja dulu... berhubung karena kulit saya termasuk kulit yang mudah berjerawat serta sensitif, jadi mending beli yang ukuran kecil... siapa tahu gak cocok kan bisa didonasikan ke orang lain tanpa takut rugi.. hahaha...


Kemasannya yang kecil membuatnya mudah dibawa 7kemana saja... jadi untuk teman2 bro2 para traveler gak bakalan ribet.
Krimnya berwarna putih, dengan tekstur encer dan kalo diusap berasa kayak oily gitu...


Sebelah KANAN menggunakan Gillette, Sebelah KIRI tanpa Gillette
Tapi setelah saya usap dan ditunggu sekitar 30 detik, krimnya langsung meresap.. dan kulit terasa kayak matte (gak berminyak) dan kayak lembab... dan bagusnya kulit terlihat kayak tidak menggunakan apa2 bro... gak berwarna, gak ada bekas kayak habis menggunakan pelembab atau semacamnya... :) 

Kebetulan saya pakai Facial Moisturizer Gillette ini setiap Pagi/Sore kalau saya gak terlalu banyak keluar ruangan... kalo ke pantai atau menghabiskan waktu lebih banyak diluar, biasanya saya masih menggunakan sun block Parasol yang sempat saya review di blog ini beberapa waktu yang lalu... soalnya kan saya barusan sembuh dari penyakit yang bernama Jerawat berkat terapi Tretinoin dari krim Vitacid.. hehehe...
Kembali lagi ke Gillette, nah Facial Moisturizer Gillette series ini memiliki kandungan Aloe Vera atau Lidah buaya, jadi baik untuk Kulit yang mudah Iritasi.. selain itu, di labelnya ada tulisan "Non Oily Formula" ya... pantas saja setiap saya pakai Facial Moisturizer ini, kandungan minyak di wajah saya berkurang... berbeda ketika pake Parasol Cream dimana wajah saya bakal seperti tambang Minyak setelah 4 - 5 jam pemakaian... hanya saja sepertinya Produk ini hanya sebagai Moisturizer saja,.. jadi gak ada kandungan SPFnya sehingga gak bisa berguna ketika digunakan untuk aktivitas diluar ruangan...
Berikut penampakan keterangan di Belakang kemasan produknya :)


So far saya menyukai produk dari Gillette ini... selain bisa mengontrol minyak di wajah saya, produk ini juga membuat kulit wajah saya terasa seperti tidak menggunakan apapun... mungkin krn kandungannya yang ringan serta tingkat iritasi yang rendah... ditambah dengan yang saya beli adalah jenis Facial moisturizer yang khusus untuk Kulit Sensitif... :)


- Rate -
Package : 5/5 - mudah dibawa kemana-mana khusus utk ukuran 15ml
Quality : 4/5 - tanpa SPF
Price : 3/5 (IDR 21.600 khusus untuk 15ml saja harga yang cukup mahal untuk sebuah face moisturizer)
Overall : 4/5
Recomended : Yes! - Khusus yang lagi nyari moisturizer yang bahan dan produknya lebih dikhususkan untuk pria.
Repuchase? : Okay!

Jumat, 30 November 2012

Jamur Tiram si Jamur yang menyehatkan!

Salam pembaca blog...
Disela-sela pengerjaan tugas saya yang bertumpuk, malam ini saya mau kasih sedikit review atau Info-lah yg lebih tepat.. tentang Jamur... eh.. bukan sembarang jamur ya..bukan jamur di kulit atau semacamnya.. haha  jamur kali ini adalah jenis jamur yang kalo diolah bisa jadi bahan masakan atau bahkan obat untuk mencegah penyakit tertentu...
well karena saya seorang Semi-Vegetarian jadi dalam beberapa bulan terakhir saya sering mengkonsumsi Jamur.. khususnya Jamur tiram yang banyak orang bilang teksturnya mirip ayam ini.. :)
nah.. untuk menjelaskan karkteristik, habitat, dan jenis kuliner untuk jamur ini saya udah merangkum semua setelah bersemedi dengan om Google... haha

Jamur tiram. Bahasa latinnya : Pleurotus ostreatus adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom
Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Tubuh buah terlihat saling bertumpuk di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu.Untuk itu, saat ingin membudidayakan jamur ini, substrat yang dibuat harus memperhatikan habitat alaminya.Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamut tiram adalah serbuk gergaji kayu yang merupakan limbah dari penggergajian kayu.
Secara alami, jamur tiram Pleurotus ditemukan di hutan dibawah pohon berdaun lebar atau di bawah tanaman berkayu.Jamur tiram tidak memerlukan cahaya matahari yang banyak, di tempat terlindung miselium jamur akan tumbuh lebih cepat daripada di tempat yang terang dengan cahaya matahari berlimpah. Pertumbuhan misellium akan tumbuh dengan cepat dalam keadaan gelap/tanpa sinar.Pada masa pertumbuhan misellium, jamur tiram sebaiknya ditempatkan dalam ruangan yang gelap, tetapi pada masa pertumbuhan badan buah memerlukan adanya rangsangan sinar. Pada tempat yang sama sekali tidak ada cahaya badan buah tidak dapat tumbuh, oleh karena itu pada masa terbentuknya badan buah pada permukaan media harus mulai mendapat sinar dengan intensitas penyinaran 60 - 70 %.
Pada budidaya jamur tiram suhu udara memegang peranan yang penting untuk mendapatkan pertumbuhan badan buah yang optimal. Pada umumnya suhu yang optimal untuk pertumbuhan jamur tiram, dibedakan dalam dua fase yaitu fase inkubasi yang memerlukan suhu udara berkisar antara 22 - 28 OC dengan kelembapan 60 - 70 % dan fase pembentukan tubuh buah memerlukan suhu udara antara 16 - 22 OC.
Tingkat keasaman media juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur tiram.Apabila pH terlalu rendah atau terlalu tinggi maka pertumbuhan jamur akan terhambat. bahkan mungkin akan tumbuh jamur lain yang akan mergganggu pertumbuhan jamur tiram itu sendiri. Keasaman pH media perlu diatur antara pH 6 - 7 dengan menggunakan kapur (Calsium carbonat).
Kondisi di atas lebih mudah dicapai di daerah dataran tinggi sekitar 700-800 m dpl. Kemungkinan budidaya jamur di dataran rendah tidaklah mustahil asalkan iklim ruang penyimpanan dapat diatur dan disesuaikan dengan keperluan jamur.

Kandungan Gizi
Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.
Jamur tiram  merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein.Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.
Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah.Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering.Kandungan proteinnya 10,5-30,4%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%. Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. 72%
Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya.28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak. Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium. Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb.Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.

Manfaat
Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda
Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol. Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan. Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan.Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun. Pada jamur tiram, produk ini disebut sebagai plovastin yang di pasaran dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (komponen aktifnya statin yang baik untuk menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia).
Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi. Adanya serat yaitu lignoselulosa baik untuk pencernaan.USDA (United States Drugs and Administration) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram. Sehingga mereka berpendapat bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.
yap.. demikian informasi umum yang saya dapatkan tentang jamur tiram ini... yang sebagian besarnya saya dapat dari om Wiki. selanjutnya saya posting tentang beberapa resep yang udah saya coba dan bisa dibilang LUAR BIASA Lezat! Maknyos gaaan! haha...

Jamur Bumbu Kuning
Bahan-bahan:
400 gram jamur tiram, suwir-suwir
200 g tepung terigu
Air secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 btr kemiri
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar, sangrai
2 sdt garam
Cara Membuat
1. Campur Jamur tiram dengan bumbu yg telah dihaluskan, aduk rata, biarkan selama 15 menit agar meresap.
2. Tepung terigu, beri sedikit air
3. Ambil segenggam jamur tiram, agak diperas kemudian digulingkan dalam campuran tepung terigu dan air
4. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan.
5. Goreng sampai berwarna coklat kekuningan.
6. Hidangkan dengan lalapan dan sambal terasi vegan.
SELAMAT MENCOBA :)

Sate Vegan
Bahan
• 1 bungkus kembang tahu
• air kelapa dari 5 buah kelapa
• garam secukupnya
• gula secukupnya
• 1/4 kg kacang merah
• 2 sendok makan cabe giling
• 7-6 buah jeruk sambel
• gula merah
• maizena
• mentega
• kecap
Cara membuat:
1) Kembang tahu digoreng dalam minyak panas, jangan sampai patah. angkat dan tiriskan.
2) godok air kelapa dan kembang tahu.
3) beri bumbu gula dan garam, diamkan sampai airnya habis.
4) potong kembang tahu memanjang 1×20 cm.
5) tusuk seperti sate.
6) panggang sebentar dengan diolesi mentega dan kecap.
Cara membuat bumbu kacang :
1) kacang digoreng dengan minyak sedikit saja.
2) angkat setelah coklat.
3) dihaluskan.
4) kacang dimasak dengan air 400 cc.
5) beri gula merah, 4 buah jeruk sambel, garam dan penyedap rasa.
6) didihkan sampai keluar minyak.
7) masukkan 1 sendok makan maizena cair.
    Sajikan sate dengan bumbu kacang.

sumber masakan ane dapat dari : http://makananvegetarian.blogspot.com
dan udah ane coba!! semuanya MAKNYOS! :D

kesimpulannya, jamur bisa jadi sumber makanan yang tak hanya enak namun kaya akan vitamin dan mineral selain itu, jamur tiram juga memiliki khasiat untuk mencegah serta mengobati beberapa jenis penyakit yang bisa dibilang kronis atau berbahaya.. so? tunggu apa lagi?? ayoo mengkonsumsi jamur ;)

sekian postingan ane gan.. hehe semoga bermanfaat ^^

- H.R Sanjaya -

Minggu, 25 November 2012

November...

Salam para pembaca blog..
lama gak posting... haha kangen dengan suasana Blog yang memiliki beragam function yang sampe sekarang tak saya kuasai haha serta warna logonya yang Orange..

oke.. cerita pertama dimulai dari komen pada postingan saya yang berjudul "Vitacid si obat jerawat ajaib".. haha sebelumnya makasih banyak buat agan2 dan aganwati2 yang udah komen.. meski beberapa harus saya hapus karena mengandung SARA.. haha
saya gak bakal posting disini apa isi dari Komen SARA tersebut..hanya saya bakal posting beberapa pertanyaan yang unik dari para pembaca blog yang nyasar ke postingan blog saya dan komen yang aneh + lucu..
anyway biar yang punya username gak tersinggung ane bakal samarkan atau mengganti Username dengan pertanyaan2 aneh2 dengan ANONIM 1, ANONIM 2, dst.. Ok
 
komen pertama yang datang dari seseroang "Anonim".. pertanyaannya begini
Anonim 1 : "mas ane udah pake vitacin dari kemarin sore.. Jerawat ane GEDE banget di daerah Dahi ama sekitar hidung.. tapi kok belum kempers2 ya? .. ane bingung neh... mohon pencerahannya"
saya: "ya ela mass baru juga kemaren sore.. -____-" "
anonim1 : " iya mas tapi pengennya cepat kempes... kalo ane pencet gak apa2 kali ya?
saya : "ya udah pencet aja gan.. kan nanti kalo ada bekasnya kan agan sendiri yang rugi .. haha :D "
anonim1 : "aduh massss takut dong kalo ada bekasnya.. ntar kecantikan ane bakal luntur..."
saya : "agan cewek apa cowok sih?! *sambil angkat kening satu*
anonim : "ane cowok gan... tapi ya gitu... hehe"
saya: "MAHO DETECTED!!!! *conteng delete komen*

ya saya alergi dengan MAHO... haha...

okai.. another story datang dari seorang perempuan...
sebelumnya mohon maaf... kesalahan penulisan bukan dari penulis 9saya) tapi dari yang bersangkutan.. haha
Anonim 2 : m4s aKu dAh PkE vItacidnyA  nieH.. TPi AkuHnyA ragU geTo kLo ntaR ada EfeK gAk Baik..
saya : *pasang muka datar -___- ini dia... ALAY* aku udah pake... dan bagus kok :)
Anonim 2 : YanG BeNeR nieH m4s?
saya : iya :)
Anonim 2 : kLo KnApa2 GeTo nTaR m4s TangGunG jWb LhoH!
Saya : loh kok musti saya yang tanggung jawab? haha
Anonim 2 : IyA doeNkz KaN m4s yG ngAsiH saRan BuaDh PkE ObAt JerAwAt nIeH... :p
saya : lho? kan saran aja... bisa ikut bisa nggak.. tergantung dari kamunya*mulai jengkel*
Anonim 2 : beNeuR yeAh m4s...?!
saya ; iya.
Anonim2 : TyUz cRa pKenY gMn?
saya : baca di kertas petunjuk dalam dus aja. *benar-benar jengkel*
Anonim2 : aKuh kRan9 NgEh gtoh amA PtNjuKny.. cBa deH m4S JlaZin...
Saya : Udah.. Obat ini gak cocok buat kamu.. :)

well... ada Alay Labil nyasar di Blog saya,, haha untung aja waktu itu kalimat "Ciyuss Miapah:" belum nge-trend,, bisa2 saya kena Darah tinggi karena jengkel ama alay satu ini... HAHA...


ada juga yang komennya aneh campur gak ngambung..kayak berikut:
Anonim3 : mas vitacidnya bisa ngilangin bekas jerawat gak? soalnya saya punya masalah dengan gigitan nyamuk....

(baca tulisan yang di "bold"... hahahahaha gigitan nyamuk?? kayaknya agan yang satu ini lagi digigit nyamuk ketika komen Postingan saya.. haha)

ada juga yang aneh komennya sampe bertanya ke hal lebih spesifik...
Anonim 4 : bang... kalo di paduin sama krim malam bisa gak ya? soalnya aku pake krim malam merek *tiiiit* (sensor) trus kalo siangnya boleh gak diganti ama krim siang *tiiit* (sensor) soalnya aku biasa pake produk *tiiit* (sisensor)...

untuk Anonim 4... haha saya cowok bu'... hanya mahasiswa dan hanya coba2 juga ama produk vitacid ini.. hahaha bukan dokter kulit pula loh... xD saya asli ngakak waktu baca komen aganwati yang satu ini... xD


ada juga komen yang datang baru2 ini...
Anonim5 : kalo pake vitacid boleh gak pake handbody.. ?
saya : loh?? hand body?? Jiahahahaha... emang agan pake vitacidnya dimana? di Tangan? kaki? badan?? jiahahaha,,, itu vitacid buat Wajah loh...kecuali kalo agan mau pake handbody diwajah..

wuahahahaha.. asli ngakak sama komen agan yang satu ini... kecuali kalo agan mau pakein Handbody di wajah....wuahahahahaha....

fyuh... untuk sementara cerita saya sampe disitu dulu yah.. masih banyak komen2 yang unik dan seru yang bisa diangkat jadi topic di blog ini.. haha...

buat Agan2 sama Aganwati yang mungkin merasa kalo itu komennya, maaf yaa.. ane hanya just kidding just for life.. nggak ada motivasi untuk mencela apalagi menghina... smua hanya keperluan lucu-lucuan aja... :)
Peace Damai (^_^)V


- H.R Sanjaya-

Minggu, 24 Juni 2012

An unforgettable experience di Pesantren Darul Mukhlisin PadangLampe

Ya.. sesuai judul... saya pengen menceritakan pengalaman Pencerahan Qolbu yang merupakan kegiatan tahunan setiap fakultas yang di Universitas Muslim Indonesia.. kegiatan ini bersifat wajib.. hehe alias mahasiswa yang tidak ikut, gak bisa mendapatkan sertifikat khusus dimana sertifikat ini merupakan salah satu syarat utama untuk bisa mengikuti KKN di setiap fakultas kampus hijau saya ini..
Kegiantan ini semacam Pesantren Kilat.. yang biasanya kalo kelas Reguler diwajibkan mengikuti selama 1 Bulan penuhh (Fyuhhh)... nahh berhubung karena saya Kelas Eksekutif (SADAP) haha makanya saya hanya diwajibkan mengikuti selama 3 Hari full saja,.. hehe... yahh 3 hari yang dibuat Full dan di press sedemikian rupa sehingga semua kegiatan 1 bulan dijadikan hanya 3 hari.. *MengusapKeringat* haha...

Tanggal 15 Juni 2012, pukul 1.00 siang selepas jumat saya udah bersedia dengan segala perlengkapan yang akan saya bawa ke pesantren kilat.. berhubung karena tempatnya jauh di Desa Padanglampe, Kabupaten Pangkep, sekitar 2 jam dari kota Makassar ditempuh dengan perjalanan darat pastinya.. hehe.. masa pake pesawat.. HAHAHA...
nahh sesampai dikampus, teman-teman saya udah berkumpul lengkap dengan semua perlengkapannya ada yang simple dengan hanya membawa ransel atau backpacker saja... ada pula yang ribet dengan membawa Travel Bag yang besarnya setengah dari badan saya HAHAHA... maklum cewek-cewek..
tak lupa juga deretan Bus yang udah berjejer rapi di halaman depan AULA kampus..

Aura lain terasa sejenak ketika saya sampai di kampus.. teman-teman baik yang cewek atau yang cowok semua terlihat gugup.. entah apa yang membuat mereka gugup... kalo saya sendiri jujur bukan gugup namun mungkin raut wajah saya waktu itu malah terlihat malas dan agak ogah-ogahan.. jujur semula ketika mendapatkan kabar bahwa sudah saatnya saya ikut kegiatan ini, saya sedikit kaget dan ogah untuk ikut.. itu karena saya mendengar cerita dari beberapa teman yang telah lebih dulu menyelesaikan kegiatan ini mengatakan kalau Pesantren Darul Mukhlisin Padang Lampe ini adalah tempat yang cukup mistis dan angker.. haha berhubung karena saya gak suka berurusan dengan hal-hal demikian jadi saya sering menunda-nunda untuk ikut kegiatan ini walaupun saya sadar bahwa kelak saya juga harus berangkat untuk menyelesaikan kegiatan ini minimal sebelum hari KKN saya akan dimulai... tapi tak apalah... meski KKN masih jauh mending saya selesaikan sekarang..

Yap.. waktu telah menunjukkan pukul 14.00 , dan terlihat para dosen pembimbing telah mengarahkan Bus untuk segera lepas landas haha menuju padanglampe... saya sendiri berhubung ada teman yang akan diantar dengan mobil pribadinya dan masih ada kursi yang kosong di belakang yahh apa salahnya saya ikutan "nebeng" haha yahh maklumlah, yang berangkat ke padanglampe kali ini gak hanya fakultas saya.. tapi dicampur dengan beberapa fakultas lain.. ada yang dari sastra dan teknik kimia.. sementara yang ikut dari fakultas saya hanya beberapa orang saja.. sementara yang berjenis kelamin Pria hanya 2 orang termasuk saya,, hahaha..
 
Mobil melaju kencang sementara sepanjang perjalanan mataku hanya menerawang ke luar jendela memperhatikan hiruk pikuk kota di siang hari yang kebetulan mendung diretai gerimis. Beberapa jam kemudian semuanya berubah menjadi lebih hijau. Sawah dan bukit terlihat dari jendela kanan dan kiri mobil,
jarang kurasa melihat hamparan sawah nan hijau serta berembun.. mengingatkan saya pada kampung halaman saya "KOTAMOBAGU" dimana masih bisa terlihat hamparan sawah di bagian Sinindian, Motoboi Kecil, Pobundayan, dan beberapa kelurahan lain.. sejenak saya Homesick.. haha maklumlah saya udah setahun gak balik ke kota kecil kelahiran saya,,, dan menetap dengan manis di Makassar... hehe.. kerinduan akan hamparan sawah yang terlihat seperti rumput juga memang saya rasakan karena di makassar sendiri tak memiliki sawah.. semua sudut kota tertutupi dengan rumah-rumah, ruko serta gedung..

Setelah 2 jam perjalanan, akhirnya mobil yang saya tumpangi membawa kami tiba di pesantren Darul Mukhlisin..Pesantren yang luasnya sekitar 50 hektar dikelilingi sawah, bukit, dan pohon jeruk bali tak lupa juga beberapa pohon mangga. Tempat inilah yang akan menjadi tempat saya dan teman-teman selama 3 hari. Tempat yang asing.. belum lagi suasana tenang yang belum begitu bersahabat dengan saya dimana saya terbiasa dengan hiruk pikuk kota makassar sehingga saya beranggapan semula bahwa suasana yang saya rasakan adalah suasana MISTIS,, hii~.. haha...

Setelah turun dari mobil saya dan beberapa teman saya diantar ke kamar masing-masing,... asrama perempuan letaknya dibelakang sementara asrama laki-laki letaknya didepan.. ya.. saya dan teman saya Anca sama berjalan ke kamar kami... saya masuk di Asrama "A" kamar A7.. kamar yang menurut saya cukup sederhana... jendela tak ber kaca dan hanya ditutupi dengan besi yang seperti dianyam.. lengkap dengan kain penutupnya.. namun meski demikian, menurut saya perabotan kamar bertolak belakang dengan kondisi 2 jendela kamar yang sangat "Pedesaan".. ya.. kamar saya dilengkapi dengan Kipas angin Turbo Boost yang besar... lengkap dengan 2 lampu Neon serta colokan listrik yang hanya 1... beruntungnya saya udh memikirkan situasi ini.. sehingga saya udah menyiapkan colokan roll 4 lubang.. haha jadi bisa berbagi dengan kawan sekamar... selain itu, tempat tidurnya bersusun.. dan terbuat dari besi.. tapiii.. Kasurnya bukan kasur yang berisi Kapas atau semacamnya.. kasur kamu ter dari BUSA! dan luar biasa empuk.. hahahaha belum lagi sprei yang dibagikan sangat bersih dan wangi... "wahh bisa tambah nyaman tidurku ini.." pikirku.. haha... tiap kamar di asrama mampu menampung 16 orang sekaligus haha... jadi bisa terpikirkan kan gimana besar kamar kami.. hehe..

Ohh iya... sebelumnya saya belum menceritakan lokasi secara mendetail tentang pesantren ini ya? nahh berhubung saya bukan orang asli sulawesi selatan jadi saya agak sulit mencari informasi secara mendetail tapi syukurlah setelah semedi dengan Mbah Google saya mendapatkan beberapa informasi,.. hehe salah satu yang paling lengkap ada pada blog Pak Syamsoe.. untuk melihat Blognya, Klik disini.

Pesantren ini ternyata berlokasi di Dusun Sambau Desa Padanglampe, Kec. Ma'rang Kab Pangkep atau sekitar 70 km dari kota Makassar. Begitu sampai di kota pangkep, kita mengambil jalan belokan sebelah kanan dan terus masuk di jalan menuju pabrik semen Tonasa. Nanti jika sampai disebuah belokan sebelah kiri, kita masuk lagi dan terus hingga kira kira jaraknya sekitar 9 Km dari jalan raya belokan pertama. Nah, Jalan inilah yang akan mengantarkan kita masuk menuju pintu gerbang pesantren.

Pintu Gerbang Pesantren Darul Mukhlisin. (Sumber: umi.ac.id)

Desa Padanglampe ini bersebelahan dengan utara Desa Alesipitto, sebelah selatan Kecamatan Labbakkang Kelurahan Alau Salo, sebelah timur Kecamatan Bungoro Segeri dan sebelah barat Kecamatan Ma'rang dengan luas wilayah 1.385 h. Sebuah desa yang subur dan memiliki potensi seperti pertanian, perkebunan dan tambang. Suhu udaranya antara 25 – 30°, desa ini dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian antara 20-50 m di atas permukaan laut, dengan jumlah penduduk 3102 orang, mayoritas muslim (Islam 3082, Kristen 12 dan Katolik 8 orang) dengan mata pencaharian utama pertanian dan perkebunan.

Hamparan Padang Rumput Desa Padang Lampe (sumber: google.com)

Desa ini juga di kenal sebagai surga buah Jeruk dan merupakan salah satu dari sekian banyak desa binaan UMI (Universitas Muslim Indonesia). Desa Padanglampe binaan UMI ini awalnya dinegosiasi pembentukannya oleh para tenaga pengabdi dari UMI sendiri pada tahun 1997. Dan pada tanggal 26 Juli tahun yang sama secara seremonial diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tk. II Pangkep yang saat itu dijabat oleh A. Baso Amirullah yang disaksikan oleh Ketua YBW-UMI, Alm Prof. Dr.H.Abdurahman A. Basalamah (Rektor waktu itu) serta seluruh pemuka dan tokoh masyarakat desa Padanglampe. Pesantren ini sendiri pertama kali dibuka/digunakan pada tanggal 22 September tahun 2000 (Sumber: Wikipedia.com).

Menurut informasi beberapa alumni, Pesantren itu dahulunya adalah sebagai laborotorium lapang Fakultas Pertanian UMI dan lahan penggemukan sapi. Berada di atas area lahan hampir 194 M2. Oleh penduduk sekitar, daerah ini juga di kenal sebagai penghasil jeruk untuk memasok kebutuhan masyarakat. Dari hasil rembuk beberapa pejabat kampus (waktu itu), akhirnya di tahun 2000, tempat ini resmi dijadikan sebagai sarana pembelajaran untuk penambahan pembelajaran ilmu islam bagi setiap mahasiwa baru UMI. Seiring waktu berlalu, secara bertahap hingga kini. Seiring dengan aktifitas Pesantren yg di jadikan sebagai sarana bina ilmu dan pencerahan qalbu maka dibangunlah sarana dan prasarana, mesjid, asrama, aula, kelas dan kantin. Pesantren pun difungsikan sebagai pesantren dengan peserta dari mahasiswa baru UMI dengan program bernama 'Pencerahan Qolbu', yang melibatkan dosen pembimbing dalam dan luar negeri, masyarakat serta instansi pemerintah dan swasta. (sumber: http://www.syamsoe.com)

Nahh lanjut cerita... ada banyak kegiatan yang akan kami lakukan di pesantren ini.. dan semua kagiatan berbau siraman rohani.. ya.. namanya juga Pencerahan Qolbu.. hehe...dimana kami semua diberi kegiatan ibadah secara intensif, shalat berjamaah di masjid, dzikir, diskusi dan kajian keislaman dan pembentukan sikap dan perilaku yang mulia melalui interaksi sosial antara dosen/pembimbing dengan mahasiswa santri maupun sesama mahasiswa santri itu sendiri. Sehingga rasa ukhuwah yang telah dibangun di pesantren dapat terbawa ketika masuk di kampus.. hehe..
namun dari semua kegiatan yang diadakan, ada beberapa kegiatan yang menurutku sangat berkesan selama saya disana... kegiatan pertama adalah ketika dibangunkan oleh Ayah/Bunda ( sebutan dosen laki-laki/perempuan selama disana) pada pukul 03.00 Subuh untuk sholat Lail, Tahajjud, Tadarrus Al-Qur'an disambung lagi dengan sholat shubuh, dan tadarus Al-Quran lagi hingga pukul 6 pagi.. haha cukup melelahkan tapi jika kita meresapi dan menikmatinya, manfaatnya sangat terasa.. jiwa menjadi lebih tenang..

(Sang Surya menampakkan diri dari ufuk timur.. Pagi di hari kedua Pesantren Darul Mukhlisin  PadangLampe)
Jalan ke Asrama dari Masjid

Nahh.. yang paling berkesan kedua adalah saat makan.. wahahaha... ini Lucu! kita semua makan diatas "BAKI" bundar dan 1 baki tersebut diberi porsi makan untuk 4 Orang sekaligus.. banyak pro dan kontra dengan kegiatan makan ini... namun sisi positif yang saya rasakan adalah kita bisa mendapatkan rasa kebersamaan di pesantren ini bahkan sampai diwaktu makan tersebut...

Menu Makan Pagi di Hari Kedua.. hehe Cukup Sederhana namun cukup mengenyangkan :)

Menu Makan Malam.. Sebaki untuk 4 orang :D

1 info juga.. semua kegiatan pasti diawali dengan doa... mau itu makan, sehabis makan, sebelum belajar, setelah belajar, bahkan Ayah dan bunda sempat mengajarkan doa masuk WC, keluar WC, masuk Kamar, keluar kamar, sebelum tidur dan bangun tidur! wahh pokoknya luar biasa!.

Selepas sholat Shubuh kita menuju kelas untuk makan... dan setelah makan, kita balik ke asrama untuk bersedia... ya.. pukul 8.00 tepat kita harus sudah berada di masjid lagi... Untuk Sholat Dhuha dan menerima materi perkuliahan lagi..  sampai pukul 12.00 tepat... kita sholat Dzuhur, Dzikir dan tadarus Al-Quran.. ya kebiasaan pesantren disini adalah selalu membaca 1 Surah selepas Sholat Fardhu.. entah itu Surah Yasiin, atau Surah Ar- Rahman, dll... setelah itu kita makan siang...dan kembali lagi ke masjid untuk sholat Ashar, Zikir, dan Tadarus Al-Quran lagi... wahh pokoknya seru!... banyak kejadian Unik, lucu bahkan mistis...
salah satu yang paling unik adalah ketika kita diberi renungan setelah materi kuliah hari ke-2 selesai...
Seluruh peserta "Menangis" tanpa terkecuali... yang uniknya ada seorang bapak-bapak setengah baya.. yang kebetulan kuliah di salah satu fakultas kelas Eksekutif... beliau tidak terlalu ramah, dan memiliki wajah yang bisa dibilang wajah "Preman"... ternyata sejak materi pertama hingga renungan, beliau duduk disamping saya... dan ketika diberi renungan, Beliau menangis seperti bayi... tak pernah saya melihat bapak-bapak menangis sebelumnya... ya,, menurutku Padanglampe adalah pesantren yang bisa membuat orang Insyaf.. HAHAHA...
yap.. semua kegiatan berlangsung dari pukul 03.00 dini hari dan selesai pukul 10.00 malam dan berulang lagi keesokan harinya selama 3 hari... yap.. sangat padat dan melelahkan... namun cukup bisa membekas dihati... :')

Hari ke-3 pun tiba..
Pagi Hari di Hari ketiga :)


Suasana Sebelum Makan Pagi :)
Menu Makan Pagi dihari ketiga :D cukup sederhana namun sangat mengenyangkan

Tanggal 17 Juni 2012.. dijadwalkan kita akan balik ke Makassar tepat pukul 14.00 setelah Dzuhur dan Makan Siang... nahh saya tak mau melewatkan jam-jam terakhir yang penuh kesan di Pesantren ini... salah satu yang harus dicoba adalah kue Khas Padanglampe.. yaitu kue "Tarra'jong".. memang sejak hari pertama saya disana saya udah mau mengincari kuliner satu ini yang katanya Lezat dan hanya ada di desa Padanglampe itu sendiri namun karena padatnya jadwal dan keburu kecapean akhirnya saya hanya bisa berharap pada hari terakhir disana,,..dan setelah berburu disekitar warung dalam Lokasi Pesantren yang lumayan banyak.. saya akhirnya mendapatkan kue tersebut tepat 1 jam sebelum mobil jemputan teman dan bus menjemput kami...
berikut penampakannya...
Kue Tarra'jong Khas PadangLampe :)

Nahh kue Tarra'jong ini terbuat dari singkong sepertinya "direbus" dan dihaluskan, lalu dipakaikan Gula Aren serta di balur dengan tepung dan di goreng.. namun setelah saya mencobanya... ternyata saya sudah pernah memakan kue ini sebelumnya... ya di kampung halaman saya "Kotamobagu" kue ini disebut "BINOLOS" hahahahahahaha.... hanya yang membedakannya adalah bentuknya,... dimana di PadangLampe bentuk kue ini Bulat dan dipipihkan sementara di Kotamobagu kue ini Bulat seperti Bola atau Onde-Onde... dari rasanya saja sama... memang ini adalah Binolos.. hanya mungkin versi Padanglampe.. hehehe :p ya kalo dipikir-pikir kita kan masih se-pulau (SULAWESI) haha jadi kulinernya banyak yang "Mirip" hanya nama dan  bentuk yang beda.. hehe....

Ya inilah cerita saya dari Pencerahan Qolbu di Pesantren Darul Mukhlisin PadangLampe.. selama tiga hari dua malam.. Meskipun singkat, namun banyak hal yang saya peroleh dari tempat ini. Setidaknya saya mempunyai gambaran mengenai bagaimana suka duka menjadi santri, kebersamaannya, belajar dan tinggal bersama dilingkungan pesantren, bangun untuk sholat malam, menangis saat dibacakan Surah Ar-Rahman, dan yang paling  penting saya lebih merasa dekat dengan sang pencipta.. sehingga dapat tercermin pada perilaku saya selepas dari pondok pesantrean ini.. yaa semoga.. :)

Sungguh pengalaman yang sangat berkesan dan takkan pernah terlupakan.. menjadi Santriwan di Pondok pesantren selama 3 hari. :')

Senin, 11 Juni 2012

Review: Samsung GT-E1080F. Ponsel Simple, Battery Kuat, dengan Harga Bersahabat

Kemarin Siang saya keliling MTC (Makassar Trade Center) Karebosi hanya untuk cuci mata.. sekalian cek harga Ipad sama Galaxy Tab yang memang udah saya incar sejak beberapa bulan terakhir. nah.. setelah mengecek harga-harga tab yang menurut saya udah lumayan murah, saya malah asik muter-muter ke tempat penjualan Ponsel... kebetulan sekali.. beberapa hari lalu Ponsel Sony Ericsson W508 saya akhirnya laku terjual.. yahh biasalah saya cepat bosan dengan namanya gadget yang menurut saya semakin canggih, semakin rentan rusaknya.. haha...
nahh seraya memilih dan memilah ponsel mana yang bakal mengganti si Soner yang menurut saya meski memiliki fitur-fitur yang bagus tapi ribet karena modelnya yang Flip, soner itu juga rentan rusak, dan baterrynya yang gampang jebol... yaa menurut pendapatku sih setelah beberapa kali memakai Vendor yang satu ini..
But anyway bukan itu yang saya mau ceritakan... hehe nahh jadi rencananya nih saya nyari HP yang simple yang buat telp sama smsan aja, kuat, tahan banting (wahahaha mana ada?), batterynya kuat, serta Harganya yang bersahabat.. nahh dari semua pilihan yang ada, akhirnya pilihan saya jatuh pada si Kecil Samsung GT-E1080F Slim and Sleek... berikut penampakannya :


(sumber foto: google.com)


Yup.. Ponsel yang cukup menurutku untuk mendampingi si Blackberry hahahahaha... tapi perlu diketahui ya saya beli ponsel ini untuk fungsi dasar saja (telp dan sms) seperti yang saya katakan diatas, jadi jangan berharap ponsel ini memiliki fitur yang mewah.. hehehe
Saya membeli ponsel ini cukup murah! hanya IDR. 150.000.- (harga per Juni 2012).

nah.. berikut penampakan ponselnya ..segera setelah saya membelinya..


Isi Paket Pembelian
Isi paket pembeliannya hanya ada ponselnya, satu buah baterai, satu buah charger, kartu garansi dan juga buku panduan pemakaian.padahal saya berharap ada Headsetnya..(hahaha) buat apaaaa coba?

Design
Pada Dosboxnya tertulis “Slim & Sleek in your hand”, namun kenyataannya ponselnya nggak begitu tipis bahkan menurutku cenderung kecil.. tapi pas digenggaman. Bagian keypad terbuat dari karet, sebenarnya enak di tekan, tapi bunyi keypadnya saat ditekan terdengar seakan akan keypadnya terbuat dari bahan yang keras. Di bagian samping bodinya ada lubang charger yang tertutup oleh pelindung geser. Di bagian casing belakang di buat berpola unik, ini membuat ponsel ini tidak mudah terjatuh dari tangan saat tangan berkeringat atau basah. 
berikut penampakannya:




Pengoperasian dan Fitur
User Interface atau tampilan menu ponsel ini sederhana dan sangat mudah dipahami. Pengoperasiannya mudah, cuman untuk tombol spasi berada di sudut kanan bawah (jadi ingat soner saya HAHA), kalau sudah terbiasa menggunakan ponsel Nokia, akan sedikit membingungkan dan memerlukan waktu untuk beradaptasi tapi untungnya saya udah terbiasa dengan Soner saya haha...Untuk menulis pesanpun juga mudah. selain itu, Kita juga di beri keleluasaan untuk mengatur jalan pintas pada Pad kanan, kiri, atas, dan bawah.
Ada juga fitur Torch Light, yaitu lampu senter yang ada di bagian atas ponsel haha.. truly useful bukan?. Cara mengaktifkan lampu senter ini sangat mudah, tinggal tekan dan tahan yang lama Pad arah ke atas, maka lampu akan menyala, lakukan hal yang sama untuk mematikannya. 
Ada juga fitur Mobile Tracker, apabila fitur ini di aktifkan, saat ponsel hilang atau dicuri, lalu ponsel Samsung ini di ganti SIM Card, maka SIMCard akan langsung mengirimkan sms ke nomor telpon yang telah kita tentukan, jadi kita bisa melacak keberadaan ponsel kita lumayan canggih bukan?.
Ada juga fitur Kunci Privasi, kita bisa memberi Password pada Daftar Panggilan, Kontak, Pesan, dan juga Memo, sehingga orang-orang yang iseng tak bisa membuka  isinya, haha. 
Ada juga fitur pemblokir panggilan dan pesan untuk beberapa nomor yang bisa kita tentukan. Ada juga fitur SOS, tinggal klik beberapa kali tombol Send, ponsel akan mengirim pesan SOS ke nomor yang telah kita tentukan. Dan saat nomor tersebut menelfon kita, akan langsung tersambung secara otomatis. Lumayan canggih bukan untuk ponsel yang bahkan tak seperempat dari harga smartphone.. hehe
oh iya..ponsel ini juga dilengkapi dengan 2 game full version.. Carrom dan Super Jewel Quest. cuma karena saya tidak begitu menyukai permainan yang ada di ponsel jadi saya tak berencana untuk memainkan permainan ini.. hehe...

Daya Baterai
Baterainya berdaya 800mAh, dalam sekali pengisian, baterai mampu bertahan hingga 3,5 hari dalam pemakaian normal. Menurut beberapa teman saya yang telah lebih dulu menggunakan Ponsel ini, mereka semua mengacungi 4 jempol (2 tangan sama Jempol kakinya haha) kepada ponsel ini karena mampu bertahan kurang lebih 3 hari! padahal menurut penuturan mereka, pemakaian ponsel ini lumayan cukup sering dalam hal menelpon dan sms. oh iya.. bahkan sejak dibeli kemarin (9 juni 2012) ponselnya belum pernah minta di charge haha.. padahal saya udh pake menelpon sejam (berkali-kali) dan sms tapi belum lowbat juga.. haha pokoknya saya kasih 4 jempol juga deh buat Daya Baterai ponsel ini.

Kesimpulan
Kesimpulan saya untuk ponsel seharga IDR.150.000,- Samsung GT-E1080F menurut saya termasuk ponsel yang padat fitur meski hanya termasuk ponsel yang bisa dibilang sangat biasa, namun lepas dari semua itu, karena didukung dengan pengoperasianya mudah, bentuk yang pas di genggaman, dan daya baterainya yang termasuk tahan lama. menurut saya sih ponsel ini bakal mampu bertahan diantara ponsel-ponsel serupa yang bermunculan. asal jangan di bandingkan dengan "smartphone" aja (pada gila kali ya mau bandingin ni ponsel ama smartphone). haha.